Percaya Ramalan Zodiak, Mungkin Kau Kena Efek Barnum

Menemukan suatu hal yang sangat mirip dengan keadaan pribadi memang bikin terkagum dan heran. Saking kagumnya, terkadang berita hal yang demikian langsung diandalkan mentah-mentah! Dalam dunia psikologi, fenomena hal yang demikian dinamakan efek Barnum.

Apa Itu Efek Barnum?
Nah, berdasarkan Zarra Dwi Monica, M.Psi, Psikolog dari KlikDokter, Barnum effect ini sebenarnya memang kecenderungan seseorang untuk mencocokkan dirinya dengan deskripsi kepribadian yang sebenarnya bersifat biasa.

“Umpamanya, Cancer itu penyayang dan sensitif, jikalau Leo punya potensi memimpin. Itu kan deskripsi yang biasa banget. Tetapi, sebab si individu telah percaya zodiak dan cenderung mencocokkan itu sama diri sendiri, alhasil ya kerasa layak beneran,” kata Zarra.

Efek psikis hal yang demikian langsung membikin hasil percobaan kepribadian berdasarkan zodiak, warna favorit, atau hal random lainnya seakan-akan dibuat untuk Anda seorang.

Itu juga berlaku saat sedang dibacakan kartu tarot, warna aura, shio, dan lain sebagainya.

Meskipun, hasil pembacaan tarot yang diperoleh sebenarnya juga dapat berlaku buat orang lain! Karena adanya Barnum effect ini, seolah-olah ramalan hal yang demikian dibuat khusus untuk Anda.

Pertanda-pedoman Anda Kena Efek Barnum

Mengutip Department of Psychology bonus new member California State University, Amerika Serikat, ada sejumlah kalimat yang seakan-akan ditujukan terhadap Anda. Meskipun, kalimat hal yang demikian mengandung efek Barnum, antara lain berikut ini.

  • “Anda tak akan gampang percaya terhadap orang lain jikalau tak ada kongkritnya.”
  • “Anda cenderung kritis terhadap diri sendiri.”
  • “Anda kadang ragu apakah Anda telah membikin keputusan yang tepat atau tak.”
  • “Anda kadang ekstrover dan gampang bergaul, namun Anda dapat juga menjadi introver dan suka menyendiri.”
  • “Meskipun punya kelemahan, Anda selalu berusaha menuntaskannya!”
  • “Anda butuh orang lain dan mau mereka seluruh suka pada diri Anda.”
  • “Anda punya banyak potensi yang belum digali.”
  • “Anda kerap kali kuatir dan punya sesuatu yang membikin diri merasa tak aman.”
  • “Anda suka sesuatu yang variatif daripada rutinitas yang statis.”

Jika mau menguji kalimat di atas termasuk efek Barnum atau bukan, coba kumpulkan sahabat Anda untuk membaca ramalan atau percobaan kepribadian online bersama-sama. Pasti ada satu kalimat yang berlaku untuk 2-3 orang sekalian, pun lebih!

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.